Selasa, 26 Januari 2010

Mise en scene

Istilah ini dari bahasa Perancis dan populer dalam dunia teater yang secara harfiah bermakna "meletakkan dalam adegan". Dalam dunia film, istilah ini digunakan untuk menggambarkan apa yang ada dalam frame sebuah shot. Melingkupi elemen:

Set dan Properti
• Kostum dan Tata Rias (make-up)
• Bahasa tubuh dan ekspresi wajah
• Pencahayaan dan warna
• Pergerakan kamera dan Editing (Montage)
• Suara (Sound)


Semasa kuliah di IKJ (Institut Kesenian Jakarta) jurusan film, dosen saya memberikan pengertian tentang istilah ini sebagai: "Sebuah kontrol sutradara terhadap apa yang ada dalam frame". Frame yang dimaksudkan tentu saja bukan frame/bingkai foto, tetapi frame (pembingkaian) dalam sebuah shot. Karena bahasa film ini diolah oleh sutradara, maka mise en scene (baca: mis ang sin) bisa kita istilahkan juga sebagai "PENGADEGANAN". Yaitu konsep sutradara terhadap set, properti, pemain, dan seterusnya itu, dalam penafsirannya hingga transformasi skenario menjadi sebuah film yang utuh. Menjadi sebuah karya sinematografi yang memberikan impresi ruang sesuai bahasa film. Sebuah bahasa yang sangat berbeda dengan bahasa teks, bahasa oral, bahasa panggung (teater), maupun bahasa lainnya.

Kombinasi berbagai elemen ini, tentu dengan pembingkaian shot akan mengarahkan penonton untuk melihat apa yang harus dilihatnya, sehingga dapat merasa apa yang perlu dirasakannya.

Penempatan elemen baik untuk dimasukkan atau dibuang dalam frame bisa membuat perbedaan makna yang sangat besar untuk pengertian yang akan kita dapatkan tentang adegan dalam film itu dan perasaan apa yang seharusnya kita rasakan.

Contoh sederhana, di sebuah taman ada anak-anak dan ada pohon besar. Bila kita menambahkan shot itu dengan sebuah burung pemakan bangkai juga kilat yang menyambar-nyambar di kegelapan malam, apalagi ditambah ekspresi wajah anak yang ketakutan dan ilustrasi musik yang mencekam, akan sangat berbeda impresinya bila kita mengambil adegan itu di siang hari dengan burung-burung yang bernyanyi, ekpresi anak yang riang gembira disertai ilustrasi musik bernuansa ceria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar